Contoh Script (Naskah) dalam Kecerdasan Buatan

Naskah atau Script dalam Kecerdasan Buatan adalah skema representasi pengetahuan yang sama dengan frame, yaitu merepresentasikan pengetahuan berdasarkan karakteristik yang sudah dikenal sebagai pengalaman-pengalaman. Perbedaannya, frame menggambarkan objek, sedangkan script menggambarkan urutan peristiwa. Dalam menggambarkan urutan peristiwa, script menggunakan slot yang berisi informasi tentang orang, objek, dan tindakan-tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa.
contoh script / naskah dalam kecerdasan buatan lengkap

Elemen Script meliputi:
  • Kondisi input, yaitu kondisi yang harus dipenuhi sebelum terjadi atau berlaku suatu peristiwa dalam script
  • Track (Jalur), yaitu variasi yang mungkin terjadi dalam suatu script
  • Prop (Pendukung), berisi objek-objek pendukung yang digunakan selama peristiwa terjadi
  • Role (Peran), yaitu peran yang dimainkan oleh seseorang dalam peristiwa
  • Scene (Adegan), yaitu adegan yang dimainkan yang menjadi bagian dari suatu peristiwa
  • Hasil, yaitu kondisi yang ada setelah urutan peristiwa dalam script terjadi.

Dibawah ini ada beberapa contoh tentang script (naskah) dalam kecerdasan buatan.

Contoh Script (Naskah) dalam Kecerdasan Buatan

Contoh 1: Ujian Akhir Nasional SMA

Jalur (track) : ujian tertulis mata pelajaran Bahasa Indonesia
Role (peran) : murid, pengawas
Prop (pendukung) : lembar soal, lembar jawab, alat tulis, dll
Kondisi input : siswa kelas 3 SMA

Scene 1 : Persiapan Pengawas

  • Pengawas menyiapkan lembar soal
  • Pengawas menyiapkan lembar jawab
  • Pengawas menyiapkan lembar absensi

Scene 2 : Siswa Memasuki Ruangan Ujian

  • Pengawas mempersilahkan siswa masuk
  • Pengawas membagikan lembar soal
  • Pengawas membagikan lembar jawab

Scene 3 : Siswa Mengerjakan Soal Ujian

  • Siswa menuliskan identitas di lembar jawab
  • Siswa menandatangai lembar jawab
  • Siswa mengerjakan soal
  • Siswa mengecek jawaban

Scene 4 : Siswa Telah Selesai Ujian

  • Pengawas mempersilahkan siswa keluar ruangan
  • Siswa mengumpulkan kembali lembar jawab
  • Siswa keluar ruangan

Scene 5 : Pengawas Merapikan Lembar Jawab

  • Pengawas mengurutkan lembar jawab
  • Pengawas mengecek lembar jawab dan absensi
  • Pengawas meninggalkan ruangan

Hasil :


  • Siswa merasa senang
  • Siswa merasa lega
  • Siswa bersuka cita
  • Siswa sangat bersyukur
  • Siswa kecewa
  • Siswa pusing


Contoh 2: Service HP

Jalur (track) : Servis hp di service center
Role (peran) : Pengguna hp, administrasi, teknisi
Prop (pendukung) : Uang, buku servis, komputer, stnk, bukti pembaran
Kondisi input : pengguna hp harus membawa uang atau kartu garansi jika ada

Adegan (scene) 1 : Kedatangan Pengguna HP ke Service Center

  • Pengguna hp datang ke service center
  • Pengguna hp ke bagian administrasi untuk mendaftar
  • Pengguna hp menunggu di antrian

Adegan (scene) 2 : Menunggu di Ruang Tunggu

  • Pengguna hp duduk di ruang tunggu yang disediakan
  • Pengguna hp membaca majalah, koran atau semacamnya
  • Pengguna hp berkomunikasi dengan pengguna hp lainnya

Adegan (scene) 3 : Keluhan Pengguna HP

  • Teknisi bertanya keluhan yang dialami oleh pengguna hp
  • Pengguna hp mengutarakan keluhannya kepada teknisi
  • Teknisi membawa hp kedalam ruang operas untuk dicek masalahnya lebih lanjut

Adegan (scene) 4 : HP di Service

  • Teknisi mengecek hardware hp bagian luar
  • Teknisi mengecek hardware hp bagian dalam
  • Teknisi melakukan pengecekan software pada hp
  • Teknisi me-reformat software hp jika diperlukan

Adegan (scene) 5 : Teknisi Menyampaikan Kerusakan Lain

  • Teknisi mencatat kerusakan lain yang terdapat pada hp
  • Teknisi menyampaikan kerusakan lain kepada pengguna hp
  • Teknisi bertanya apakah perlu mengganti hardware atau tidak kepada pengguna hp
  • Teknisi melakukan penggantian hardware  jika terjadi persetujuan dari pengguna hp

Adegan (scene) 6 : HP Selesai di Servis dan Lakukan Pembayaran

  • Hp telah selesai diservis dan semua malfungsi pada hp di eliminasi
  • Pengguna hp mengecek kembali kondisi hp-nya
  • Pengguna hp ke bagian administrasi
  • Pengguna hp membayar biaya jasa servis / menyerahkan kartu garansi
  • Administrasi memvalidasi kartu garansi atau nota pembayaran
  • Pengguna hp mendapatkan bukti pembayaran / garansi sudah tidak berlaku lagi
  • Pengguna hp meninggalkan service center

Hasil :


  • Pengguna hp merasa puas akan pelayanan service center yang diberikan
  • Pengguna hp merasa kecewa akan pelayanan service center yang diberikan
  • Pengguna hp merasa dirugikan oleh service center

Contoh 3: Pembelian Sepatu Online


Jalur (track ) : Prosedur pembelian sepatu secara online
Role (peran) : Pembeli, Customer services, Jasa antar (JNE)
Prop (pendukung) : Internet , Web sepatu online, Sepatu, komputer
Kondisi Input : Pembeli ingin membeli sepatu secara online

Adegan 1: Koneksi ke Internet

  1. Pembeli menyalakan komputer
  2. Menghubungkan ke internet
  3. Membuka browser

Adegan 2: Memilih Sepatu

  1. Pembeli masuk ke alamat website sepatu-online
  2. Search index sesuai dengan model sepatu yang diinginkan
  3. Mendapatkan pilihan sepatunya

Adegan 3: Melakukan Transaksi Pembelian

  1. Mengikuti prosedur pembelian sepatu online
  2. Menghubungi CS
  3. Transfer Uang pembelian / Ongkir
  4. Menerima bukti transaksi

Adegan 4: Penerimaan Barang

  1. Pembeli menunggu barang
  2. JNE (jasa pengiriman) melakukan pengiriman
  3. Barang diterima oleh pembeli

Hasil :

  1. Pembeli merasa senang
  2. Pembeli kecewa

Contoh 4: Pesan Antar Makanan

Jalur (track) : Pesan antar makanan via telepon
Role (peran) : Pemesan, call service, koki, kasir, kurir
Prop (pendukung) : Rumah makan, telepon, komputer (database), perlengkapan masak, bahan-bahan masakan, kendaraan
Kondisi input : Pemesan memesan menu dengan memberitahu nama, alamat, dan nomor telepon kepada call center

Adegan 1 : Pemesan Memesan Makanan

  1. Pemesan menghubungi rumah makan yang dituju
  2. Pemesan menyebutkan menu yang ingin dipesan
  3. Call service mengecek ketersediaan menu yang dipesan
  4. Pemesan menyebutkan nama, alamat, dan nomor telepon kepada call center
  5. Call center menyebutkan jumlah menu yang dipesan dan biayanya

Adegan 2 : Rumah Makan Mempersiapkan Pesanan

  1. Koki memasak menu makanan yang dipesan
  2. Koki membungkus rapi paket menu yang dipesan
  3. Kasir membuat struk pemesanan dan menyerahkannya kepada kurir
  4. Koki memberikan paket menu tersebut kepada kurir

Adegan 3 : Kurir Mengantar Paket Pesanan

  1. Kurir menerima dari koki paket menu yang dipesan
  2. Kurir membawa struk yang berisi nama, alamat, dan nomor telepon pemesan, beserta jumlah yang harus dibayarkan oleh pemesan
  3. Kurir memasukkan paket pesanan ke dalam box
  4. Kurir berangkat mencari alamat pemesan
  5. Kurir tiba di tujuan
  6. Kurir menanyakan kebenaran alamat pemesan

Adegan 4 : Pemesan Menerima Pesanan

  1. Pemesan menerima paket pesanan dan struk dari kurir
  2. Pemesan mengecek paket, apakah sesuai pesananan atau tidak
  3. Pemesan membayar paket pesanan tersebut kepada kurir
  4. Pemesan memberi tips kepada kurir
  5. Kurir menerima uang pembayaran

Hasil :

  1. Kurir senang dan berterimakasih
  2. Pemesan senang
  3. Pemesan kenyang
  4. Pemesan puas
  5. Pemesan kecewa
  6. Pemesan masih lapar

Contoh 5: Mandi Susu di Salon

Jalur (track) : Tahap mandi susu
Role (peran) : Karyawan salon, pelanggan
Prop (pendukung) : Kasur, kain, handuk, lulur bubuk, minyak zaitun, susu cair, susu bubuk, bathup, air hangat, SPA, peralatan mandi
Kondisi input : Lulur bubuk, minyak zaitun, susu cair dan susu bubuk belum memasuki masa expired. Kain, handuk, kasur, peralatan mandi, dan SPA dalam keadaan bersih. Costumer membawa sejumlah uang sesuai tarif mandi susu.

Adegan (scene) 1 : Menyiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  1. Karyawan salon membersihkan kasur, kain, SPA, handuk dan bathup.
  2. Karyawan salon menakar lulur bubuk, susu cair, susu bubuk dan minyak zaitun dalam sekali pemakaian.

Adegan (scene) 2 : Membersihkan Tubuh Costumer dengan Lulur

  1. Pelanggan mengganti pakaian dengan kain.
  2. Karyawan salon mencampurkan lulur bubuk dengan minyak zaitun.
  3. Karyawan salon membalurkan costumer dengan lulur dengan menggosokkan lulur agar bersih dari kotoran.

Adegan (scene) 3 : SPA

  1. Karyawan salon menyiapkan SPA untuk costumer
  2. Karyawan salon membalurkan susu cair keseluruh tubuh pelanggan
  3. Pelanggan duduk di SPA untuk 30 menit

Adegan (scene) 4 : Berendam

  1. Karyawan salon menyiapkan bathup
  2. Karyawan salon memenuhi bathup dengan air hangat
  3. Karyawan salon menaburkan bubuk susu pada bathup
  4. Pelanggan berendam di bathup selama 30 menit

Adegan (scene) 5 : Pembersihan

  1. Karyawan salon menyediakan handuk dan peralatan mandi
  2. Pelanggan mandi hingga bersih
  3. Pelanggan mengeringkan diri menggunakan handuk
  4. Pelanggan mengganti handuk dengan pakainnya
  5. Pelanggan membayar tagihan mandi susu
  6. Pelanggan keluar dari salon

Hasil :

  1. Pelanggan merasa senang
  2. Pelanggan merasa segar, bersih dan harum
  3. Pelanggan merasa kecewa
  4. Pelanggan komplain ke salon

Demikian beberapa kumpulan contoh naskah/script dalam kecerdasan buatan. Kalian juga bisa membuat sesuai keinginan sendiri. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar