Pembahasan tentang Buku Nonfiksi


Apa  itu Buku Nonfiksi? 

Buku non fiksi adalah buku yang berisikan kejadian sebenarnya yang di sampaikan menurut pendapat/opini/kajian penulis. Dengan kata lain, buku non fiksi adalah buku yang dibuat berdasarkan fakta dan kenyataan.

Ciri-ciri buku non fiksi
a.  Biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan , artikel , feature, skripsi , tesis, disertasi , makalah , dsb.
b.  Karangan nonfiksi berusaha mencapai taraf obyektivitas yang tinggi, berusaha menarik dan menggugah nalar (pikiran) pembaca.
c.  Bahasa bersifat denotatif dan menunjuk pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.

Karangan nonfiksi memiliki ciri sebagai berikut 
a.  Memiliki ide yang ditulis secara jelan dan logis serta sistematis;
b.  Mengandung informasi yang sesuai dengan fakta;
c.  Menyajikan temuan baru atau penyempurnaan temuan yang sudah ada;
d.  Motivasi, rancangan dan pelaksanaan penelitian yang tertuang jelas;
e.  Penulis memberikan analisis dan  interpretasi intelektual dari data yang diketengahkan dalam tulisanya. Untuk karya nonfiksi diharuskan menggunakan kata baku sesuai dengan kamus umum bahasa indonesia. Karya nonfiksi harus memaka bahasa berciri tepat,singkat , jelas , resmi dan teratur agar efektif.

Jenis-jenis buku nonfiksi
1. Buku biografi
Buku biografi adalah buku yang berisi riwayat hidup seseorang. Buku itu ditulis untuk mendokumentasikan peristiwa penting yang dialami seseorang. Tentu buku biografi ditulis agar dapat menginspirasi pembacanya.

2. Buku pendamping
Buku pendamping adalah buku yang berfungsi untuk mendampingi buku utama. Biasanya buku pendamping disebut pula buku pengayaan. Jadi, buku pendamping ditulis setelah ada buku utama. Sebagai contoh, buku pelajaran untuk anak sekolah. Kajian buku pelajaran itu masih bersifat umum. Jadi, buku pelajaran memerlukan buku pendamping untuk menjelaskan buku utama karena ada beberapa bagian dari buku utama yang tidak dijelaskan dalam buku utama. Ini disebabkan space atau pedoman penulisan buku utama tersebut.

3. Buku literature
Buku literature adalah buku yang difungsikan sebagai rujukan kajian keilmuan. Buku literature sering disebut diktat atau buku kuliah. Buku literatur sering ditulis berdasarkan penelitian. Jadi, buku ini mempunyai kadar keilmiahan sangat tinggi. Maka, buku ini sering ditulis dosen atau peneliti.

4. Buku motivasi.
Buku motivasi adalah buku yang berisi kajian psikologis untuk membangkitkan gairah atau semangat pembacanya. Buku motivasi dapat disusun berdasarkan kajian keagamaan dan moral. Buku motivasi sering ditulis oleh entrepreneur. Dengan membaca buku motivasi, pembaca merasa mendapatkan energi baru untuk meneruskan hidup.

Butir-butir penting dalam buku nonfiksi :
a.  Judul buku, adalah nama yang dipakai dalam buku untuk menyiratkan secara pendek isi atau maksud dari buku itu.
b.  Pengarang buku, adalah orang yang menulis buku.
c.  Isi buku, yang terdiri dari :
- Daftar isi
- Kata pengantar
- Glosarium (daftar kata sulit dan artinya)
- Jabaran isi yang ditulis secara sistematis
- Daftar pustaka (buku-buku yang dipakai sebagai acuan)
- Biodata penulis
- Lampiran, dapat berupa gambar dan tabel
d.  Kelebihan dan kelemahan buku.

Langkah-langkah Menulis Laporan Butir Penting dalam buku nonfiksi

  1. Carilah masing-masing tiga buku fiksi (novel, biografi, dan kumpulan puisi) dan tiga buku nonfiksi (buku pengayaan pengetahuan atau keterampilan) di perpustakaan. Buku yang peserta didik baca itu bukan buku teks pelajaran.
  2. Pinjamlah buku tersebut kepada petugas untuk peserta didik baca selama satu minggu untuk setiap buku.
  3. Jika peserta didik memiliki uang, pergilah ke toko buku. Carilah buku nonfiksi yang dapat peserta didik miliki untuk dibaca.
  4. Mulailah mempersiapkan kegiatan membaca, dengan menyiapkan buku tulis untuk melaporkan kegiatan membaca minggu ini.
  5. Tuliskanlah judul buku, nama penulis, penerbit, tahun terbit, dan kota terbit.
  6. Amatilah daftar isi buku tersebut. Bacalah sekilas daftar isinya, kemudian tuliskanlah, ada berapa bab isi buku tersebut.
  7. Sebelum membaca, berdasarkan daftar isi buku, peserta didik menyusun pertanyaan yang mungkin akan ditemukan dari isi buku. Pada buku laporan membaca, tuliskanlah pertanyaan-pertanyaan yang ingin didapatkan jawabannya dari membaca isi buku.
  8. Mulailah membaca. Apabila buku itu milik peserta didik, pada saat membaca; tandailah butir-butir penting dari setiap subbab yang dibaca. Jika buku itu milik perpustakaan, setiap peserta didik membaca butir-butir penting dan menuliskannya pada buku laporan membaca.
  9. Setiap mulai membaca, peserta didik menuliskan terlebih dahulu hari, tanggal, dan waktu membaca agar kegiatanmu terdata.
  10. Lakukanlah kegiatan membaca buku tersebut selama satu minggu.
  11. Jika sudah selesai membaca buku, peserta didik menyusun laporan kegiatan tersebut dalam buku rekaman tertulis kegiatan membaca.


Contoh Resensi Buku Ilmiah

Contoh Resensi Buku Ilmiah | Sumber bukalapak.com
Judul Buku : Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi
Pengarang : H. Abdurrahmat Fathoni
Penerbit : PT. Rineka Cipta
Tahun Terbit  : 2006

Sinopsis Buku :
Contoh Resensi Buku Ilmiah – Buku ini adalah buku yang disusun berdasarkan pandangan dan pemikiran dari sejumlah peneliti dan pakar dalam bidang metodologi penelitian. Tujuannya untuk membantu mereka yang ingin mengetahui seluk beluk metodologi penelitian, prosedur penelitian, dan desain penelitian yang secara umum dapat digunakan dalam penelitian ilmu social. Teknik-teknik yang diungkapkan dalam buku ini juga dapat sangat membantu mahasiswa untuk penyusunan skripsi.


Kelebihan Buku :
• Buku ini terlalu segmented, jadi yang membaca buku ini sebisa mungkin hanyalah seseorang yang ingin menjalani skripsi atau penelitian.
• Buku ini sangat dijelaskan secara detail setiap langkah-langkah dan metode yang ditempuh.
• Mudah ditemukan di took buku mana saja.
• Dapat digunakan acuan untuk semua kampus.

Kekurangan Buku :
• Ada beberapa kampus yang memiliki metode penelitian skripsi yang berbeda dengan yang tertera di dalam buku. Jadi harus membandingkan buku satu dengan buku yang sejenis lainnya.
• Ada beberapa istilah asing dalam buku yang tidak dijelaskan secara detail.

0 komentar

Posting Komentar